A S M A N A

HOME ABOUT AFFIES STUFFS CHAT NEWER OLDER

Book Review: I Saw The Same Dream Again (Sumino Yoru)
Thursday 9 April 2020 - Permalink - 0 Comment(s)
(this picture looked bad tbh i'll change it later)
SINOPSIS
Koyanagi Nanoka adalah seorang pelajar SD yang menganggap dirinya sendiri pintar. Dia mendapatkan tugas sekolah untuk memikirkan apa itu kebahagiaan.
Selama memikirkan tugas tersebut bersama dengan teman sekelasnya, dia bertemu dengan pelajar SMA yang suka menyayat nadinya, seorang wanita yang terjebak dalam hidupnya sendiri, dan seorang nenek yang tampaknya hidup damai. Semuanya memiliki penyesalan masing-masing.
Apakah kebahagiaan itu?
Bisakah mereka memperbaiki masa lalu?


a little disclaimer, one of the biggest reason why i didn't publish any reviews or write anything (beyond my obligation) is that because i'm scared of people's expectation. i often feel my writing aren't good enough that i shouldn't publish it, because i know there are sooo many people that has more capability that i am in this field. i somehow always feel unsatisfied of my writing no matter how i fix it and edit it over and over again, it feels like a shame to post it(?) i always think that people would laugh at me or my writing because it wasn't good enough. 
so i tried to put aside all those feelings and to really start writing what I want for myself and for other people so they could find something useful here (I hope so). I want to be more honest to myself. I'd also like to thank all my friends and people who support me to keep writing and doing what I like, it means a lot

phew, well that wasn't too short. anyway here's the review.

BOOK IDENTITY
Judul: I Saw The Same Dream Again
Pengarang: Sumino Yoru
Tebal: 312 halaman
Terbit: Desember 2018 (Bahasa Indonesia)
Untuk U+15

Personal rating: 4.9/5

PERSONAL REVIEW
Aku dapet rekomendasi buku ini dari salah satu temen, dia udah kasih tau lama banget tapi akhirnya baru beli buku ini barusan:" aku udah ekspektasi tinggi sama buku ini karena selain topiknya yang menurutku menarik, aku juga suka sama literatur Jepang, terutama karena gaya bahasanya. And after reading the whole book, I'm not disappointed at all! Buku ini jadi salah satu buku favoritku, dan pengarangnya, Sumino Yoru, jadi salah satu penulis favoritku juga.
Sama seperti buku karangan Sumino Yoru-sensei sebelumnya (I Want to Eat Your Pancreas), buku ini juga tersedia dalam versi komik di bahasa aslinya, Bahasa Jepang.

Apa itu kebahagiaan?

Tema yang diangkat di ceirta ini filosofis banget, hal yang kedengaran simpel tapi berat buat dibahas.
Di buku ini Sumino Yoru berhasil menghidupkan karakter Nanoka yang cerdas (juga sok pintar) dan polos khas anak SD. Ada banyak perspektif dari Nanoka yang aku belum pernah kepikiran. Ada satu karakter, namanya Kiryu, character developement-nya di cerita ini terlihat banget. Dari anak yang cenderung penakut dan tertutup jadi lebih terbuka dan mau menerima saran orang lain. Menurutku pribadi semua karakter di buku ini penggambarannya bagus banget, dan ada plot twist-nya juga haha.
Meskipun aku baca versi terjemahan Bahasa Indonesia, diksinya gampang dipahami, catatan kakinya juga lengkap dan ga bikin bingung sama sekali (shout out to Clara Canceriana as the translator!).
Buku ini bukan termasuk bacaan yang berat menurutku, bisa diselesaikan cepat meskipun aku ga terlalu suka terlalu cepat tamatin buku. Banyak banget pesan yang bisa diambil, aku bahkan pingin tandain hampir semua halaman wkwk.

Anyway click here if you want to check it out on Goodreads.

PURCHASE
Buat yang minat untuk beli buku fisiknya, karena sekarang lagi masa karantina jadi aku saranin buat beli buku ini online aja ya, aku beli di tokotmindo (Shopee) dengan harga diskon jadi lumayan murah, hehe.
Oh iya sebenarnya buku ini agak susah dicari juga di toko buku (menurutku yang udah cari ke banyak tempat tapi ga nemu juga) padahal kalau dilihat tanggal terbitnya belum terlalu lama, kenapa ya? :(
Untuk versi e-book, setahuku belum ada versi Bahasa Indonesia, buat English version bisa dibeli di kindle atau lewat amazon.

Upcoming review: Dream Launch Project by Renita Nozaria

p/s I'm hoping the best for everyone affected by this pandemic, don't forget to stay clean and don't get stressed!
p/s2 this week song recommendation: Fallin' Flower by SEVENTEEN
p/s3 aku sebenarnya kepikiran buat bikin review di platform lain kaya youtube atau podcast, how's that sound? kindly give your opinion below, thank you!

- Asmana

Labels: ,



Comment(s)
Thank you for reading! If you don't have any google account, please write your name or link:)

Post a Comment